Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024


Samarinda, Sabtu(01/06).Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur bertempat di lapangan Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur telah melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila tepat Pukul 08.00 WITA yang di ikuti oleh seluruh Hakim tinggi dan Hakim  serta Aparatur Sipil Negara pada Satuan Kerja Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur dan Pengadilan Negeri Samarinda.

Inspektur Upacara yang bertugas pada upacara Hari ini adalah YM Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Bapak Nursyam,S.H.,M.Hum. pada amanatnya Y.M Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur membacakan Pidato KEPALA BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA REPUBLIK INDONESIA yang memiliki inti dari nilai Pancasila itu sendiri dikarenakan tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya

."seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila”. karena dengan momentum lahirnya Pancasila ini menjadi asas semangat untuk menjadi negara yang memiliki semangat tolong-menolong/ gotong royong dalam membangun bangsa ini karena pancasila merupakan philosopische grondslag atau pandangan hidup bangsa Indonesia memiliki kedudukan sebagai staats fundamental norm yang merupakan dasar asas dalam mendirikan negara, besifat tetap, tidak dapat diubah.